inti Fundamental dari materi Konsep Dasar Strategi Manajemen Pemasaran (Marketing), bahwa setiap warga negeri wajib mempunyai kemampuan pemahaman seputar materi ekonomi, hal ini dikarenakan dengan kemajuan ekonomi di rumahtangga, masyarakat dan negara itu sendiri, maka belajar ekonomi memang wajib di galakkan sejak dini, sejak masih mengenal bangku pendidikan. Misalnya, karir paling populer yang Bisa dikejar kebanyakan dengan gelar ekonomi. Penelitian yang berbeda cenderung menemukan nilai gaji lulusan ekonomi cukup dibayar dengan bagus. Ini mengajarkan kita bagaimana Tips membuat pilihan, yang sangat penting dalam bisnis.
Menerapkan Strategi pemasaran di awali dengan menganalisa dengan cara keseluruhan dari situasi perusahaan Pemasar wajib menjalankan analisis SWOT (SWOT analysis), di mana ia menilai kekuatan (strengths [S]), kelemahan (weaknesses [W]), peluang (opportunities [O]), dan ancaman (threats [T]) perusahaan dengan cara keseluruhan
Dalam strategi pemasaran, ada bebarapa faktor utama yang Bisa menyebabkan terjadinya perubahan yaitu :
Langkah-Langkah Penerapan Strategi Pemasaran
Penerapan Strategi Pemasaran melalui langkah-langkah sebagai berikut:
Program pemasaran yang efektif wajib Bisa memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan menghantarkan nilai untuk konsumen.
Sebelum membangun dan menerapkan 4 P diatas, pemasar sebaiknya memikirkan terlebih dahulu “empat C” seperti yang diungkapkan oleh Ir. Fl. Titik Wijayanti, MM, dalam bukunya Marketing Plan! Perlukah Managing Marketing Plan? yang terdiri dari:
Demikian sekilas mengenai Konsep Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran, semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber Referensi: “Prinsip-prinsip Pemasaran” oleh Philip Kotler & Gary Armstrong. 2008., edisi 12. Penerbit Erlangga Jakarta
Konsep Dasar Strategi Manajemen Pemasaran (Marketing)
Pengertian Strategi Pemasaran
Sebelum penjelasan lebih lanjut mungkin sebaiknya kita wajib paham dan mengerti terlebih dahulu mengenai apa itu strategi pemasaran. Perencanaan strategi pemasaran produk membagikan dasar untuk perusahaan untuk mengambil langkah yang efektif untuk masa yang akan datang.
Strategi Pemasaran menurut W. Y. Stanton yaitu sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang Bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual ataupun potensial
Hal-Hal wajib dipertimbangkan sebelum menerapkan Strategi Pemasaran Produk
Sebelum penjelasan lebih lanjut mungkin sebaiknya kita wajib paham dan mengerti terlebih dahulu mengenai apa itu strategi pemasaran. Perencanaan strategi pemasaran produk membagikan dasar untuk perusahaan untuk mengambil langkah yang efektif untuk masa yang akan datang.
Strategi Pemasaran menurut W. Y. Stanton yaitu sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang Bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual ataupun potensial
Marketing : http://www.marketing.co.id |
Hal-Hal wajib dipertimbangkan sebelum menerapkan Strategi Pemasaran Produk
Menerapkan Strategi pemasaran di awali dengan menganalisa dengan cara keseluruhan dari situasi perusahaan Pemasar wajib menjalankan analisis SWOT (SWOT analysis), di mana ia menilai kekuatan (strengths [S]), kelemahan (weaknesses [W]), peluang (opportunities [O]), dan ancaman (threats [T]) perusahaan dengan cara keseluruhan
- Kekuatan (Strengths) meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang Bisa membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya
- Kelemahan (Weaknesses) meliputi keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang Bisa menghalangi performa perusahaan
- Peluang (Opportunities) yaitu faktor atau tren yang menguntungkan di lingkungan eksternal yang Bisa digunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan
- Dan ancaman (Threats) yaitu faktor di lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan yang menghadirkan tantangan untuk performa perusahaan
Marketing Startegy : http://ettwomen.com |
Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Strategi Pemasaran berorientasi menciptakan nilai tambah untuk pelanggan dan membangun hubungan relationship dengan pelanggan. Menciptakan nilai tambah dengan memahami kebutuhan pasar meliputi keinginan pelanggan, menjalankan riset pelanggan dan pasar, menata informasi pemasaran dan data pelanggan, membangun metode pemasaran yang terintegrasi dan membagikan nilai tambah, membangun hubungan yang saling menguntungkan dalam menciptakan kepuasan pelanggan
Faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran berorientasi menciptakan nilai tambah untuk pelanggan dan membangun hubungan relationship dengan pelanggan. Menciptakan nilai tambah dengan memahami kebutuhan pasar meliputi keinginan pelanggan, menjalankan riset pelanggan dan pasar, menata informasi pemasaran dan data pelanggan, membangun metode pemasaran yang terintegrasi dan membagikan nilai tambah, membangun hubungan yang saling menguntungkan dalam menciptakan kepuasan pelanggan
Faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam Strategi Pemasaran
Dalam strategi pemasaran, ada bebarapa faktor utama yang Bisa menyebabkan terjadinya perubahan yaitu :
- Daur Daur hidup produk, Strategi wajib disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
- Tingkat persaingan perusahaan di pasar, Strategi pemasaran wajib Bisa disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan, apakah dalam kategori memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari ceruk pasar.
- Keadaan ekonomi, Strategi pemasaran wajib disesuaikan dengan situasi ekonomi, perusahaan wajib memandang ke depan dan mengembangkan strategi jangka panjang untuk memenuhi kondisi yang sedang berubah dalam industri mereka dan memastikan kelangsungan perusahaan di jangka panjang
Marketing : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com |
Langkah-Langkah Penerapan Strategi Pemasaran
Penerapan Strategi Pemasaran melalui langkah-langkah sebagai berikut:
- Segmentasi Pasar (Market Segmentation)
yaitu tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran terpisah
- Penetapan Target Pasar (Market Targeting)
yaitu proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terdiri dari merancang strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat, atau suatu perusahaan besar mungkin memutuskan untuk menawarkan ragam produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan bila hal ini terbukti sukses, mereka menambahkan segmen
- Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation & Positioning)
perusahaan wajib memutuskan bagaimana mendifferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk yaitu tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen, pemasar ingin mengembangkan posisi pasar unik untuk produk mereka. bila suatu produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di pasar, konsumen tidak mempunyai alasan untuk membelinya.
Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
Setelah strategi pemasaran ditetapkan maka perusahaan diharapkan untuk menerapkan dan merencanakan rincian bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan kumpulan alat pemasaran taktis terkendali – produk, harga, tempat, dan promosi yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan di pasar sasaran.
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang Bisa dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari “empat P” yaitu:
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang Bisa dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari “empat P” yaitu:
- Produk (product) , kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran meliputi : ragam, kualitas, gesain. fitur, nama merek, dan kemasan.
- Harga (cost), yaitu sejumlah uang yang wajib dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk meliputi: daftar harga, diskon potongan harga, periode pembayaran, dan persyaratan kredit
- Tempat (place), kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia untuk pelanggan sasaran meliputi: Lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan logistik
- Promosi (promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan membelinya meliputi : Iklan dan promosi penjualan.
Program pemasaran yang efektif wajib Bisa memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan menghantarkan nilai untuk konsumen.
Sebelum membangun dan menerapkan 4 P diatas, pemasar sebaiknya memikirkan terlebih dahulu “empat C” seperti yang diungkapkan oleh Ir. Fl. Titik Wijayanti, MM, dalam bukunya Marketing Plan! Perlukah Managing Marketing Plan? yang terdiri dari:
- Solusi Pelanggan (Customer Solution), Produk Bisa membantu dan mampu memecahkan masalah konsumen
- Biaya Pelanggan (Customer Cost), Harga yang dibayarkan konsumen untuk membeli produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
- Kenyamanan (Convenience), Produk tersebut mampu menyenangkan konsumen Sebab mudah diperoleh di mana-mana
- Komunikasi (Communication), Produsen menjalankan komunikasi produk kepada konsumen dengan cara benar dan tepat sasaran.
http://cdn.bisnisukm.com |
Demikian sekilas mengenai Konsep Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran, semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber Referensi: “Prinsip-prinsip Pemasaran” oleh Philip Kotler & Gary Armstrong. 2008., edisi 12. Penerbit Erlangga Jakarta
sumber : http://www.kembar.pro/2015/07/strategi-pemasaran-dan-bauran-pemasaran.html
0 Response to "Konsep Dasar Strategi Manajemen Pemasaran (Marketing) Yang wajib Kita Ketahui"
Posting Komentar